Bahaya Balap Motor Liar

balap motor dragApa yang kalian pikirkan jika mendengar tentang drag race atau motor drag..? Motor drag merupakan sebuah ajang balap motor dengan lintasan pacunya yakni jalan yang lurus. Drag bike sering dijumpai di pedesaan bahkan perkotaan yang cukup terkenal. Ajang balap seperti drag bike liar atau balap motor liar berbeda dengan drag race, meskipun banyak yang mengkaitkan drag race dengan balapan liar. Balapan liar sendiri merupakan ajang balap yang sangat membahayakan, mengapa? Karena saat lomba dimulai masih terdapat mobil maupun motor yang melintas di jalanan yang dijadikan sebagai jalur perlombaan balap liar.

Lalu apa bedanya dengan Balap motor drag atau drag bike? Drag Bike ialah suatu ajang balapan motor dimana para pengendara yang mengikuti lomba memacu motornya dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dilakukan di sebuah lintasan lurus yang beraspal dan juga tertutup selain itu juga lintasan balap tersebut terdiri dari dua buah jalur lurus yang sejajar dan memiliki panjang yang sama, lintasan ini disebut juga dengan nama Drag strip. Lintasan untuk Drag Bike sendiri haruslah terdiri dari dua buah jalur yakni jalur kanan dan juga kiri dimana di dalam lintasan tersebut dipacu dari Garis Start hingga ke Garis Finish dengan panjang 201 meter dan untuk panjang lintasan pengeremannya juga memiliki panjang 201 meter.

Untuk ukuran Lebar dari lintasan pacu tersebut yakni minimal 4 meter pada tiap jalur, serta harus bebas dari berbagai halangan maupun hambatan, jadi kondisi jalur lintasannya harus beraspal serta datar dan juga rata. Lalu untuk lintasan pacu serta sistem pengeremannya harus diberikan sebuah pemisah jalur yang tidak menghalangi pandangan biasanya dipisah dengan menggunakan ban maupun karung dengan tinggi minimalnya yaitu 60 cm. Dan juga untuk lintasan pacu dan pengeremannya yang berbatasan dengan penonton harus dipisahkan dengan sebuah pagar pembatas yang tertutup dengan rapat, dengan panjang minimal yaitu 1,5 meter dari tepi jalur lintasan.

Biasanya balap motor drag ini sering dilakukan karena beberapa faktor, yaitu karena persedian lahan untuk bermain sirkuit kurang sehingga akan sulit untuk melakukan balap motor lain, selain itu pada drag race pun perlombaannya hanyalah memakai jalanan trek lurus yang juga tidak mengganggu lalu lintas serta balapan ini lebih mudah untuk di lakukan dan mudah untuk di temukan. Biasanya para pemain drag race merupakan para pembalap yang kurang jago dalam balap ber-sirkuit, sehingga iapun memutuskan untuk melakukan adu cepat di drag race.Karena balapannya pun cukup mudah yakni hanya perlu memacu kecepatan hanya di jalanan lurus saja. Selain itu, enis-jenis motor yang biasanya di gunakan pada motor drag ialah motor 2-tak, karna motor bermesin 2 taklah yang paling cocok digunakan untuk melakukan balap motor drag, hal itu karena mesin 2 langkah akan lebih mudah untuk melesat pada tenaga motor, sehingga motor akan melesat dengan cepat sejak dari start.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *