Mengenal Pasar Rakyat Lebih Dekat

pasar rakyatPasar Rakyat merupakan sebuah pasar yang dalam pelaksanaannya bersifat tradisional. Pasar Rakyat merupakan tempat bertemunya antara penjual dengan pembeli, kemudian terjadinya negosiasi dan kesepakatan harga kemudian terjadilah transaksi setelah melewati proses tawar-menawar harga di antara penjual dengan pembeli. Biasanya pasar Rakyat akan menyediakan berbagai macam bahan pokok untuk keperluan rumah tangga, dan juga pasar yang satu ini biasanya beroperasi di tempat yang terbuka di publik umum. Bangunan-bangunan yang ada di pasar ini biasanya berbentuk seperti Lapak, Kios serta Toko. Toko semi permanen biasanya digunakan untuk berjualan berbagai aneka kue, pakaian, atau bahkan juga perabotan-perabotan rumah tangga lainnya.

Ada juga yang kios-nya dipakai untuk berjualan buah-buahan, sayuran, daging, ikan dan lain sebagainya. Selain itu, penerangan di pasar Rakyat bisa dibilang masih terbatas dan secukupnya, dan juga tempat tersebut tidak ber-AC. Untuk kebersihannya juga terkadang masih kurang terjaga, seperti sampah-sampah yang masih banyak berserakan serta bertumpukan sehingga ada beberapa tempat yang sering kali menimbulkan bau. Hal ini berakibat jika hujan turun, maka tempat tersebut akan becek dan juga kotor. Namun semakin hari kebersihan yang ada di pasar Rakyat pun kemudian mulai di tingkatkan menjadi lebih baik, bahkan sekarang pun cukup banyak pasar rakyat tradisional yang rapi serta bersih sehingga pengunjung pun banyak yang merasa nyaman mengunjungi pasar rakyat.

Beberapa ciri-ciri dari Pasar Rakyat ialah:
1. Pasar rakyat dibangun serta dikelola oleh pemerintah daerah.
2. Terdapat sistem tawar menawar di antara penjual dan juga pembeli. Tawar menawar sendiri merupakan salah satu budaya yang akan selalu terbentuk di dalam sebuah pasar. Dan hal yang satu ini yang bisa menjalin hubungan sosial di antara pedagang serta pembeli.
3. Sebuah tempat usaha yang beragam serta menyatu di dalam lokasi yang sama. Meskipun semua pedagang berada di lokasi yang sama, namun barang dagangan dari setiap penjual biasanya menjual barang yang berbeda. Dan juga ada pula pengelompokan dagangan yang di sesuaikan dengan jenis dagangannya, misalnya seperti kelompok pedagang ikan, daging, sayur, buah, dan lainnya.
4. Barang maupun jasa yang ditawarkan biasanya berbahan lokal. Biasanya barang dagangan yang dijual merupakan hasil bumi yang banyak dihasilkan oleh daerah tersebut. Walaupun ada juga beberapa dagangan yang biasanya diambil dari hasil bumi yang ada di daerah lain yang tidak begitu jauh dari daerah tersebut.

Beberapa Syarat-syarat pasar dari pasar rakyat ialah seperti, adanya penjual serta pembeli, terdapatnya barang yang akan di jual-belikan, serta terjadinya kesepakatan antara harga dan juga transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli. Beberapa kelebihan dari Pasar Rakyat ialah di pasar ini tidak ada monopoli pasar yang dilakukan oleh produsen tertentu, selain itu pendapatan yang diperoleh para penjual pun cenderung merata, hal ini tergantung pada cara negosiasi yang dilakukan penjual dengan pembeli, kegiatan ekonomi yang terjadi di pasar ini didasarkan pada kejujuran, dan juga para penjual maupun pembeli bisa masuk dan keluar pasar dengan sangat mudah. Kemudian untuk kekurangan dari pasar ini ialah pertumbuhan ekonomi yang terjadi di pasar ini cukup lambat, selain itu tidak adanya inovasi di dalam pasar pun membuat kualitas produk serta layanannya tidak berkembang, kemudian jenis pasar yang satu ini juga sangat terikat dengan budaya setempat.